Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Hal 109-117

KUNCI JAWABAN KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

DAMPAK MODERNISASI TERHADAP BUDAYA MASYARAKAT HALAMAN 109, 110, 112, 113-114, 116, 117

Bagaimana modernisasi mempengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 109

Ayo Berdiskusi
Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan
Membuat poster
Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah poster. Postermu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
a. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern
b. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai
c. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik
kunci jawaban kelas 6 Tema 9 subtema 2 pembelajaran 4 halaman
Poster Dampak Modernisasi (jawabantematik.blogspot.com)
Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1. Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara mengatasinya
Dampak Negatif Modernisasi terhadap Budaya Masyarakat Indonesia

  • Munculnya keraguan terhadap norma dan nilai masyarakat
  • Munculnya kesenjangan budaya
  • Munculnya budaya Individualisme
  • Munculnya budaya Konsumerisme
  • Munculnya budaya Hedonisme
  • Munculnya budaya Werternisasi/lunturnya budaya sendiri

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya

  • Dengan penerapan nilai dan norma yang benar dalam kehidupan sehari-hari, setiap tindakan bercerminkan padan nilai dan norma tersebut
  • Dengan menyaring informasi yang masuk dengan menggunakan nilai dan norma yang telah dianut oleh masyarakat Indonesia
  • Dengan membiasakan dan kembali membudayakan nilai kebersamaan dan gotong royong yang merupakan salah satu jati diri bangsa
  • Membudayakan hidup berhemat/gemar menabung, serta meningkatkan daya kreativitas dalam pengelolaan keuangan
  • Dengan meningkatkan kepedulian sosial, meningkatkan sifat simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar
  • Meningkatkan jiwa nasionalisme dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Membuat Poster
Poster dampak negatif modernisasi dan cara penanggulangannya
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 109
Poster dampak negatif modernisasi dan cara penanggulangan (jawabantematik.blogspot.com)

Kunci Jawaban Halaman 110

Ayo Menulis
Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu dapat juga menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Kesimpulan :
Dampak Modernisasi ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Dampak positif antara lain: cara berpikir yang lebih terbuka, logis, rasional, disiplin dan menghargai waktu. Dampak negatif yang berpengaruh pada budaya masyarakat antara lain: Hedonisme (gaya hidup mewah), Konsumerisme, indivualistis, lunturnya budaya daerah sendiri. Diperlukan tindakan-tindakan bijaksana dalam menyaring dampak negatif modernisasi agar tidak merusak budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Halaman 112

Apa pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat memahami isi ceritanya? Kamu dapat menceritakan pemahamanmu tentang isi cerita tersebut melalui gambar yang kamu buat sendiri sesuai imajinasimu berdasarkan bacaan tersebut.

Cerita yang inspiratif. Cerita yang mampu memberi inspirasi bahwa pemenang adalah orang yang mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan.
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 2 pembelajaran 4
Gambar berbesar hati menerima kekalahan (jawabantematik.blogspot.com)

Kunci Jawaban Halaman 113-114

Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.
A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu, tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram berikut ini.
Judul :
Berbesar Hati Menerima Kekalahan
Pengarang :
Fitri Kurnia Sari
Pokok Pikiran Awal :
Edo menjauh dari Bagus yang merupakan sahabatnya
Pokok Pikiran Tengah :
Edo Mengalami musibah, kakinya tersandung meja dan terjatuh, kemudian ditolong oleh Bagus
Pokok Pikiran Akhir
Penjelasan Edo dan penyelesaian masalah Edo dengan Bagus 

Edo bersahabat dengan Bagus. Namun sejak seminggu Edo menjauh dari Bagas. Bagas tentu bertanya-tanya. Setiap Bagus mendekat untuk mengajak berbicara, Edo selalu menjauh,  Bagus memperkirakan sikap Edo ini berhubungan dengan peristiwa pemilihan ketua kelas. Bagus ingin berdiskusi dengan Edo, tapi Edo tetap menjauh, termasuk hari ini saat bel pulang terdengar, Edo dengan tergesa-gesa bergegas keluar menghindar, Edo tidak memperhatikan sekitarnya, sehingga terjatuh dan kepalanya terbentur meja. Bagus dan teman-teman segera menolong Edo. Kesempatan ini dimanfaatkan Bagus untuk berdiskusi dengan Edo. Akhirnya Edo menjelaskan apa yang menjadi permasalahannya. Setelah memberi pengertian ke Edo oleh Bagas dan teman-temannya, akhirnya Edo meminta ke Bagus dan mereka kembali bersahabat.

B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya, kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakanlah kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Gunakanlah keempatnya untuk menggambarkannya.
Kunci jawaban Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 pembelajaran 4 halaman 113 114
Gambar berseri (jawabantematik.blogspot.com)
C. Tukarkanlah gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan .....(jawaban bervasiasi, tergantung teman diskusi)

Kunci Jawaban Halaman 116

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengalami beberapa kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selember kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.
Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam  terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (⎷) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikap-sikap yang tidak kamu ingin lakukan
Jawaban :
Sikap dalam Musyawarah yang mendorong Persatuan dan Kesatuan

  • Saling memahami dan menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Lapang dada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain dalam musyawarah
  • Tidak boleh memaksakan kehendak kepada peserta musyawarah yang lain
  • Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab
  • Diliputi oleh semangat kekeluargaan
  • Mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi/golongan
Sikap dalam Musyawarah yang Mengancam Persatuan dan Kesatuan

  • Memaksakan kehendak kepada peserta lain
  • Tidak mau menerima masukan, saran dan kritik dari peserta lain dalam musyawarah
  • Mementingkan kepentingan pribadi
  • Tidak mau melaksanakan hasil keputusan musyawarah
  • Tidak diliputi semangat kekeluargaan tapi diliputi ambisi sendiri

Kunci Jawaban Halaman 117

5. Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:
a. Bagaimana proses berjalannya musyawarah?
............. (jawaban relatif berbeda, tergantung musyawarah siswa)
b. Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?
.............. (jawaban relatif berbeda, tergantung musyawarah siswa)
c. Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut?

  • Dengan melakukan diskusi-diskusi lebih intensif disertai pemberian opsi-opsi/pilihan-pilihan yang bisa dijadikan kesepakatan semua pihak dalam musyawarah
  • Dengan melakukan voting (mengambilan suara terbanyak)

d. Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?

  • Kemampuan menyusun rencana
  • Kemampuan mengajak anggota berdiskusi
  • Kemampuan memberikan bantuan kepada anggota diskusi
  • Kemampuan memberi inspirasi/memupuk moral dan kreativitas anggota
  • Kemampuan bekerja sama  dalam kelompok
  • Kemampuan membagi dan menyerahkan tanggung jawab/pembagian tugas /delegasi
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik

e. Apa peran pencatat kegiatan musyawarah? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pencatat kegiatan musyawarah?
Mencatat kegiatan/poin-poin penting dalam musyawarah.

  • Keterampilan mengetahui tema dan tujuan rapat
  • Keterampilan menilai dan sigap dalam menangkap hal-hal penting yang muncul dalam musyawarah
  • Keterampilan menyimpulkan pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan dalam berkosentrasi mengetahui pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan mengungkapkan isi pikiran dengan tepat dan logis sehingga sesuai dengan yang dimaksud
  • Keterampilan menyimpan dokumen/notulen

f. Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah?
Peran :
  • Mengikuti jalannya musyawarah
  • Mengeluarkan/menyampaikan pendapat dalam musyawarah
  • Menyetujui atau menolak pendapat orang lain
Tanggung jawab :

  • Mengikuti aturan/tata tertib dalam musyawarah
  • Menghormati pendapat orang lain
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Menjaga suasana kondusif dalam musyawarah
  • Melaksanakan hasil keputusan musyawarah

g. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah?

  • Antusias/semangat mengikuti kegiatan musyawarah
  • Menghormati peserta lain
  • Sikap lapang dada dan berjiwa besar
  • Kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Kemampuan untuk bekerja sama dengan peserta musyawarah yang lain
  • Kemampuan untuk menerima dan melaksanakan setiap hasil keputusan musyawarah

h. Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?
Jika setiap kegiatan dan hasil musyawarah ini diliputi oleh semangat gotong royong dan kekeluargaan serta hasil musyawarah ini untuk kepentingan bersama, maka persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar akan semakin kuat dan terjaga. Namun jika setiap kegiatan dan hasil musyawarah ini tidak diliputi semangat gotong royong dan kekeluargaan dan menimbulkan perpecahan, baik ketika proses maupun setelah pengambilan keputusan serta tidak dilandasi semangat lapang dada dan berjiwa besar, maka musyawarah ini akan menimbulkan pertentangan dan perselisihan di lingkungan sekitar, yang pada akhirnya merusak persatuan dan kesatuan

Kesimpulan apa yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?
Kesimpuanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersama, dapat dipertanggung jawabakan serta ditunjang oleh sikap lapang dada dan berjiwa besar, maka proses maupun hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan.

Hal 117-118⏩
⏪Hal 106
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Hal 109-117 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Hal 109-117 Reviewed by admin on 7:43:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.