Rumah Betang Uluk Palin Hal 16-27 Kelas 5 Tema 8
RUMAH BETANG ULUK PALIN
KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 16-17, 23, 26-27
Kunci Jawaban Halaman 16-17
Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.
1. Ceritakanlah secara singkat peristiwa pada teks "Rumah Betang Uluk Palin"
2. Apa keunikan rumah Betang?
3. Apa keunikan rumah adat di daerahmu?
Tulislah hasil diskusimu, lalu bacalah di depan kelompok lain dan bapak/ibu guru
Peristiwa yang terjadi pada teks "Rumah Betang Uluk Palin"
- Rumah Betang Uluk Palin merupakan rumah adat suku Dayak
- Rumah Betang Uluk Palin terletak di Kapuas Hulu, di daerah Kalimantan Barat
- Rumah Betang Uluk Palin mempunyai ukuran panjang 268 meter dan dengan ketinggian 5-6 meter
- Rumah Betang Uluk Palin ternyata dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga
- Rumah Betang Uluk Palin kebakaran pada tanggal 13 September 2014 dan tidak ada yang tersisa akibat kebakaran itu.
Keunikan Rumah Betang Uluk Palin :
- Dihuni oleh lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga
- Dibangun tinggi dari permukaan tanah untuk menghindari musuh, binatang buas atau banjir
- Bentuknya memanjang serta terdapat sebuah tangga dan pintu masuk ke dalam
- Tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan sungai Nyabau akibat erosi
- Dapat ditemui di pinggiran sungai-sungai besar yang ada di Kalimantan
Keunikan rumah adat di daerahku :
(jawaban relatif beda, tergantung daerah/wilayah masing2 siswa)
Bahan referensi rumah adat :
Kunci Jawaban Halaman 23
Ayo Bermain Peran
Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu tentu diperlukan sikap toleransi di antara masyarakat Indonesia. Sikap apa yang dapat kalian terapkan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia? Buatlah naskah drama pendek tentang sikap toleransi, lalu mainkan naskah drama tersebut.
Masruhatul pergi ke rumah Widya bersama dengan Azizah. Mereka berencana hendak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Widya adalah siswa pindahan dari daerah Bali dan bersekolah di sekolah tempat Masruhatul dan Azizah yang berada di pulau Jawa.
Widya : "Silakan masuk teman-teman. Silakan dinikmati hidangan yang aku siapkan buat kalian. Aku tinggal dulu ke belakang sebentar ya."
Azizah : "Ya"
Masruhatul : "Azizah."
Azizah : "Ya, ada apa Masruhatul?"
Masruhatul : "Kamu kan suka jeruk? itu ada jeruk besar, di pojok ruangan itu, kelihatannya enak."
Azizah : "Hus, tidak boleh."
Masruhatul : "Kenapa? kan kata Widya diperbolehkan memakan makanan yang disediakan?"
Azizah : "Iya, tapi itu Jeruk bukan untuk dimakan kita, tapi itu adalah salah satu kebiasaan adat budaya tempat Widya berasal"
Masruhatul : "O, begitu ya. Kalau begitu kita makan yang disediakan di meja depan kita saja."
Azizah : "Iya, kita harus menghormati keragaman budaya yang banyak tersebar di Indonesia."
Masruhatul : "Benar sekali"
Masruhatul : "Benar sekali"
Tugas
Kerjakan tugas ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa
1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan paling sedikit 25 kata
........ (Alternatif jawaban sesuai daerah masing-masing)
2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian adat daerah daerahmu
........ (Alternatif jawaban sesuai daerah masing-masing)
3. Tuliskan judul lagu-lagu daerah di Indonesia
Kunci Jawaban Halaman 26
Ayo Mengamati
Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam.
Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan contoh berikut
Kunci Jawaban Halaman 27
Ayo Bercerita
Ceritakan pengamatan kalian di depan kelompok-kelompok lain dan Bapak/Ibu guru.
Bandingkan dengan hasil pengamatan kelompok lain.
Banyak sekali keragaman sosial di daerah lingkungan tempat tinggalku. Keragaman itu antara lain dalam bentuk jenis usaha/pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat. Beberapa diantaranya adalah menanam sayuran, yang mana hasilnya bisa dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Ada masyarakat yang beternak kambing, yang mana hasilnya bisa berupa daging dan susu, yang sebagian besar hasilnya untuk dijual. Ada juga profesi petani yang mengolah lahan pertanian untuk menghasilkan beras untuk dikonsumsi maupun untuk dijual. Ada juga petani tambak, yang mengolah lahan tambak dengan hasil berupa ikan bandeng dan udang, yang hasilnya untuk dikonsumsi dan dijual. Sedangkan dipinggiran kampung, ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan hutan dengan memotong dan menjual kayu hutan untuk dipakai bahan bangunan dan mebel. Keragaman sosial di lingkungan kami membuat kami lebih menghargai perbedaan yang ada, dan makin mempererat persatuan.
Hal 28⏩
⏪Hal 14
Rumah Betang Uluk Palin Hal 16-27 Kelas 5 Tema 8
Reviewed by admin
on
8:27:00 PM
Rating: